Sabtu, 15 Februari 2014

Buku Lama Bersemi Kembali


Saya senang membaca buku. Ada banyak koleksi buku di rumah. Ada kalanya saya beli buku baru, kemudian membacanya santai-santai. Tidak ada target waktu khusus untuk menyelesaikan membaca sebuah buku. Bila ada waktu luang, ya saya baca. Ada kalanya juga saya baca lagi buku-buku yang dulu pernah saya baca. Anehnya, saya kadang-kadang kaget menemukan kalimat-kalimat tertentu yang 'sepertinya terlewat' ketika saya membacanya dulu. Tidak jarang kalimat-kalimat tersebut menjadi 'pengetahuan baru' dan menjadi solusi bagi permasalahan kita saat ini. 'Buku yang sama yang kita baca pada waktu dengan wawasan yang berbeda bisa memberikan sudut pandang baru'.

'Buku lama' mungkin sama dengan masa lalu. Dan masa lalu tentunya tidak identik dengan kekeliruan atau kesalahan yang pernah kita lakukan saja. Masa lalu juga berisi kemenangan-kemenangan kita, pelajaran-pelajaran berharga, dan perjumpaan-perjumpaan dengan orang-orang yang tidak bisa kita lihat lagi saat ini. 'Masa lalu' yang kita baca saat ini bisa memberi sudut pandang baru yang sama sekali berbeda ketika kita membacanya dulu. Setiap kita sedang bertumbuh. Ada benarnya orang yang mengatakan bahwa hidup baru bisa dimaknai ketika kita melihat ke belakang dan baru bisa dijalani ketika kita melihat ke depan. Namun, seberapa banyak orang yang berani membuka 'buku lamanya', mencarinya di tumpukan buku-buku baru dan membersihkan 'debu-debunya'??
Itu pilihan..sama seperti ketika kita memilih untuk menikmati membaca buku yang sedang kita pegang saat ini:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar