Minggu, 07 Desember 2014

Kita Hidup Berdampingan dengan Masa Lalu

Bintang yang kita lihat di langit ketika malam, mungkin saja sudah hancur dan tidak ada lagi, namun cahayanya baru sampai ke bumi dan tertangkap mata kita. Matahari yang kita lihat ketika pagi adalah matahari beberapa detik yang lalu. Ini adalah beberapa bukti bahwa ada masa lalu yang kita lihat di masa kini.
Kita hidup di saat ini, namun juga hidup berdampingan dengan masa lalu. Cukup dibutuhkan sebuah lagu untuk membawa memori kita pada peristiwa di masa lalu, cukup sebuah rasa makanan untuk mengantarkan pikiran kita kepada sebuah tempat yang pernah kita kunjungi di masa lalu, cukup semilir angin yang membawa aroma tertentu yang mengantarkan kenangan kita dengan seseorang ke saat ini.
Tidak dibutuhkan hal besar untuk 'memanggil' masa lalu kita ke kehidupan kita saat ini, namun dibutuhkan upaya yang sangat besar untuk 'memusnahkan' atau melupakan masa lalu..karena kita tidak mungkin melupakan tanpa mengingatnya terlebih dahulu. Ingin melupakan dan ingin mengingat sebenarnya adalah permohonan yang sama dengan kata-kata yang berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar