Senin, 24 November 2014

Tentang Ngoceh

Setiap kita belajar dari pengalaman kita masing-masing. Entah itu rasanya 'MANIS', 'asin', 'asem tenan', 'pahit', dan 'gurih'.  Yang jelas, setiap kejadian yang 'ada rasanya', pasti lebih nyantol, teringat, dan menjadi pengalaman untuk kita serap pelajarannya. Dan pelajaran-pelajaran itu tentu saja khas bagi setiap orang. Kita menyerap pelajaran yang berbeda satu sama lain karena pengalaman kita yang berbeda-beda. Kita melihat kejadian yang berbeda, memaknai kejadian dengan cara berbeda, merespon kejadian dengan gaya yang berbeda, dan pastilah pelajarannya pun berbeda!
Cuma, kadang kita kebablasan. Kita merasa pengalaman kita yang paling berharga, paling benar, paling hebat...karena dilewati dengan perasaan yang paling-paling deh. Kemudian, pengalaman ini kita jadikan referensi untuk 'mengatasi' masalah orang lain. Bila masalahnya belum bisa teratasi juga, kita paksakan, kita salahkan orang lain karena cara yang dia lakukan belum sama dengan cara kita. Karena kalau sudah sama, pasti berhasil, dan masalahnya teratasi. Apa benar cara yang sama selalu memberikan hasil yang sama? Belum tentu! Banyak orang meniru cara seseorang melakukan sesuatu, tapi mendapatkan hasil yang berbeda. Kenapa? Niatnya berbeda!
Memaksakan cara kita menyelesaikan sesuatu kepada orang lain sama seperti kita memaksakan baju kita untuk dikenakan orang lain. Orang lain belum tentu memiliki 'ukuran badan' yang sama dengan kita. Itu baru perihal ukuran, belum perihal 'warna', 'jenis kain', dan 'modelnya'. Belum tentu juga sesuai 'seleranya'. Dan belum tentu juga orang lain sedang membutuhkan 'baju', walaupun kita sedang melihatnya tidak mengenakan 'baju'. Bisa jadi dia sedang 'kepanasan' dan lebih butuh 'dikipasi'. Setiap orang punya pola artistik tersendiri dalam melakukan dan menyelesaikan sesuatu..dan juga, sebenarnya sudah memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya, hanya saja sedang sibuk dengan ocehan pikirannya sendiri. Jangan kita tambahi dengan 'ngoceh' juga. Dan saya baru sadar, ternyata saya sudah kebanyakan 'ngoceh' juga ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar