Senin, 25 Agustus 2008

Ekstraksi Berulang Kali..

Istilah ekstraksi sudah tidak asing lagi di telinga para kimiawan, industriawan, binaragawan, dan peragawan..hehe. Banyak produk – produk minuman, kosmetik, dan obat – obatan diolah melalui proses ekstraksi. Proses ekstraksi merupakan salah satu proses dari pemisahan senyawa suatu campuran. Hasil yang diperoleh berupa ekstrak dan residu. Ekstrak tersebut yang nantinya diolah lebih lanjut untuk berbagai kebutuhan. Kita tidak akan membahas teknik – teknik dalam proses ekstraksi lebih dalam karena hal tersebut cukup diketahui oleh kimiawan saja...(”,). Hal terpenting tentang proses ini adalah bahwa suatu ekstraksi yang efektif harus dilakukan beulang kali, sehingga didapat volume ekstrak yang maksimal. Penambahan pelarutpun harus dilakukan dengan volume yang terkontrol (sedikit demi sedikit).

Hal ini cukup menarik karena banyak aktivitas manusia yang membutuhkan teknik yang sama seperti kita melakukan ekstraksi. Banyak hal yang dilakukan dengan ”sedikit demi sedikit” untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Contoh yang paling dekat dengan mahasiswa seperti aku adalah ujian semester. Memperoleh hasil yang maksimal dari ujian semester tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sistem kebut sedinoan. Hal tersebut sama dengan pemberian pelarut yang berlebihan terhadap campuran, sehingga ekstrak yang didapat tidak begitu maksimal.

Oleh karena itu, marilah kita memulai sesuatu ”sedikit demi sedikit” dengan penuh kesabaran untuk memperoleh hasil yang maksimal. Bila kita rajin menabung, maka akan mampu membeli gunung...(lho?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar