Rabu, 27 Agustus 2008

Apa itu Memilih...?

Dalam hidup, kita sering dihadapakan pada pilihan. Proses pemilihan tersebut tentu saja membutuhkan kematangan berpikir dalam mempertimbangkan baik dan buruk dari sesuatu tersebut. Bahkan, tidak memilihpun merupakan suatu pilihan. Begitu membingungkannya makna memilih ini membuat aku sering bertanya apa itu memilih.

Akhirnya jawaban terbaik mengenai pertanyaanku itu datang dari seorang profesor yang menekuni bidang kimia organik. Jawaban yang sangat filosofis itu berbunyi memilih bermakna meyingkirkan pilihan-pilihan yang lain. Kata-kata itu pada awalnya membuatku bingung karena dalam mendefinisikan kata memilih muncul kata pilihan pada pendefinisiannya. Hal ini tentu saja tidak menjawab pertanyaanku.

Setelah aku resapi dengan ketenangan pikiran, muncul suatu titik terang atas jawaban Prof. Taslim tersebut. Memilih berarti kita menentukan pilihan yang secara langsung menyingkirkan pilihan-pilihan lainnya. Perlu keberanian untuk ”menyingkirkan” sesuatu dalan proses memilih ini. Tidak dimilikinya keberanian inilah yang menyebabkan kita menjadi ragu, sering berubah pikiran, dan sering kecawa akan hasil yang telah kita pilih. Marilah kita bersama-sama menumbuhkan keberanian dalam memilih sesuatu dan melumasinya dengan pertimbangan yang matang dan doa yang tulus karena hanya pilihan-pilihan yang selalu nampak dalam kehidupan kita. Tentukan arah dan langkahkan kaki dengan pasti....! Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. pilihan yang selalu membawa konsekuensi, baik besar maupun kecil, adalah bagian pokok dari hidup
    bagaimana dengan kepastian?
    tidak adakah kepastian dalam hidup ini ?sehingga mungkin saja, kita tidak perlu memilih

    BalasHapus